Islamic Center

HUTANG-PIUTANG DALAM PRESPEKTIF AGAMA ISLAM (HUKUM ISLAM)

1.    QS Al-Baqarah Ayat 283
“….. Akan tetapi jika sebagian kamu mempercayai sebagian yang lain, maka hendaklah yang dipercayai itu menunaikan amanatnya (hutangnya) dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah dan janganlah kamu (para saksi) menyembunyikan persaksian. Dan barangsiapa yang menyembunyikannya, maka sesungguhnya ia adalah orang yang berdosa hatinya dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. Al-Baqarah : 283)
2.    HR. Al-Bukhari
Dari Abu Hurairah radhiyallaahu'anhu, Bahwasannya Nabi Shallallaahu'alaihi Wasallam bersabda :
“Siapa yang mengambil (berhutang) harta manusia dan ingin membayarnya maka Allah akan melunaskannya. Sementara siapa yang berhutang dengan keinginan menelantarkannya (tidak membayar), maka Allah akan benar-benar membinasakannya.” (HR. Al-Bukhari)
3.    HR. Muslim
Dari Abdullah bin Amr bin Ash ra., Rosululloh SAW bersabda : “Akan diampuni orang yang mati syahid semua dosanya, kecuali hutangnya.” (HR. Muslim)
4.    HR. Al-Bukhari
Dari Abu Hurairah radhiyallaahu'anhu, Bahwasannya Nabi Shallallaahu'alaihi Wasallam bersabda : “Memperlambat pembayaran hutang yang dilakukan oleh orang kaya merupakan perbuatan zhalim.” (HR. Al-Bukhari)
5.    HR. Al-Bukhari
Seorang sahabat bertanya kepada Nabi SAW, : "Mengapa Engkau banyak meminta perlindungan dari utang, wahai Rasulullah?" Jawab Nabi tegas : “Sesungguhnya seseorang apabila sedang berutang ketika dia berbicara biasanya berdusta dan bila berjanji sering mengingkarinya." (HR. Al-Bukhari).
6.    HR. At-Tirmidzi
Nabi Shallallaahu'alaihi Wasallam bersabda : “Apabila ruh telah berpisah dari jasad (meninggal dunia), sedang ia terbebas dari tiga perkara : kesombongan, ghulul (korupsi), dan utang niscaya ia masuk surga.”(HR. At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad, Al-Hakim).

by : Ganjar Kamaludin Kamil

======================================================================

BAB I RUKUN ISLAM

Rukun Islam ada 5 (lima) :
1.   Mengucapkan Kalimat Syahadat.
2.   Mendirikan Shalat.
3.   Mengeluarkan Zakat.
4.   Melaksanakan Puasa.
5.   Melaksanakan Haji Apabila Sudah Mampu. 

Menurut Rosululloh SAW dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan
Muslim menerangkan bahwa rukun islam adalah sebagai berikut :

































by : Ganjar Kamaludin Kamil

======================================================================

BAB II THARAH (Bersuci)

Thaharah terbagi menjadi 4 macam :
1. Wudhu
        Wudhu adalah suatu tata cara bersuci dari hadast kecil sebelum melaksanakan shalat dan menyentuh Al-Qur’an. Wudlu hukumnya wajib bagi setiap muslim yang mempunyai hadast kecil yang akan mengerjakan shalat dan menyentuh Al-Qur’an.
Hadast kecil seperti terkena najis, kotoran dari hewan, segala sesuatu yang keluar dari dzubur dan qubul (kentut, buang air besar, buang air kecil/kencing, mengeluarkan darah/batu). Oleh karena itu, apabila ada setiap muslim yang mengalami hadast kecil, maka ia wajib berwudlu.
Fardlu/Rukun Wudhu adalah apa-apa yang wajib dilakukan dalam berwudhu. Apabila salah satu dari fardlu wudhu itu tidak dilakukan, maka wudlunya tersebut tidak sah. Fardlu/rukun wudhu jumlahnya ada 6 (enam) :
a. Niat
b. Membasuh Wajah (3x)
c. Membasuh Kedua Tangan Sampai Sikut (3x)
d. Membasuh Kepala (1x)
e. Membasuh Kedua Kaki Sampai Mata Kaki (3x)
f.  Tertib
2. Tayamum
         Tayamum adalah suatu tata cara bersuci dari hadast kecil sebelum melaksanakan shalat dan menyentuh Al-Qur’an. Tayamum hukumnya wajib bagi setiap muslim yang mempunyai hadast kecil yang akan mengerjakan shalat dan menyentuh Al-Qur’an.
         Tayamum dilakukan ketika tidak ada air untuk berwudhu/tidak ada air yang suci dan mensucikan untuk berwudhu dengan syarat harus mencari air terlebih dahulu.
Fardlu/rukun tayamum jumlahnya ada 5 :
          a. Niat
          b. Menempelkan telapak tangan ke dinding/tanah
          c. Mengusap Wajah dengan debu/tanah
          d. Mengusap kedua tangan sampai sikut.
          e. Tertib
3. Mandi Wajib
        Mandi Wajib adalah suatu tata cara bersuci dari hadast besar sebelum melaksanakan shalat dan menyentuh Al-Qur’an. Mandi Wajib hukumnya wajib bagi setiap muslim yang mempunyai hadast besar yang akan mengerjakan shalat dan menyentuh Al-Qur’an.
Fardlu/rukun mandi wajib jumlahnya ada 5 :
          a. Niat
          b. Membasuh seluruh angggota badan mulai dari atas sampai bawah
          c. Menggosok-gosok badan yang terkena/tidak terkena najis sampai bersih
          d. Berwudhu
          e. Tertib
4. Istinja
       Istinja menurut istilah syariat Islam ialah bersuci sesudah buang air besar atau buang air kecil. Beristinja ini hukumnya adalah wajib bagi orang yang baru saja buang air besar maupun buang air kecil, baik dengan air ataupun dengan benda selain air. Benda selain air yang dapat digunakan untuk beristinja ialah benda yang keras dan kesat seperti batu (mempunyai 3 sudut/jumlah batunya 3 buah batu) atau daun-daun yang sudah kering.

by : Ganjar Kamaludin Kamil

======================================================================

BAB III SHALAT (Sholat)

A. Pengertian Shalat
     Shalat menurut bahasa artinya adalah doa, sedangkan menurut istilah shalat artinya suatu ibadah yang terdiri dari atas beberapa ucapan dan perbuatan tertentu yang diawali dengan Takbiratul Ihram (Allohu Akbar) dan diakhiri dengan Salam (Assalamualaikum Warahmatullah).

B. Dasar Hukum Shalat
       وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ
"Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku´lah beserta orang-orang yang ruku".
(QS.Al-Baqarah : 43)

وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ 
"... Dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan".
(QS.Al-Ankabut : 45)
 
C. Syarat Wajib Shalat
  1. Islam
  2. Baligh
  3. Berakal
  4. Suci dari Haid dan Nifas
D. Syarat Sah Shalat
  1. Suci badan dari hadast besar dan kecil
  2. Suci badan, pakaian, tempat dari najis
  3. Menutup aurat (Seluruh Tubuh)
  4. Menghadap Kiblat
  5. Telah Masuk Waktu Shalat
  6. Mengetahui Cara Pelaksanaan Shalat.
E. Rukun Shalat
  1. Niat (dengan lisan dan dalam hati)
  2. Berdiri bagi yang mampu
  3. Takbiratul Ihram
  4. Membaca QS. AL-Fatihah (Pada setiap rakaat)
  5. Ruku dengan Thuma'ninah
  6. Itidal dengan Thuma'ninah
  7. Sujud 2X dalam setiap rakaat dengan Thuma'ninah
  8. Duduk diantara 2 Sujud dengan Thuma'ninah (Duduk Iftirasy)
  9. Membaca Shalawat kepada Nabi setelah Tasyahud akhir
  10. Salam (Ke Kanan dan Kiri)
  11. Tertib.
Catatan : 
*Takbiratul Ihram yaitu membaca takbir (Allohu Akbar) dengan mengangkat kedua tangan sampai bahu
  serta telapak tangan mengahadap ke Kiblat.
*Thuma'ninah yaitu diam sejenak (tidak bergeraknya anggota tubuh) selama bacaan.
*Itidal yaitu bangun dari ruku kembali pada posisi semula (berdiri tegak).

by : Ganjar Kamaludin Kamil

======================================================================

BAB IV PUASA

Puasa / Saum (bahasa Arab: صوم) artinya menahan diri dari makan, minum dan segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, dengan syarat tertentu untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim. Berpuasa (saum) merupakan salah satu dari lima Rukun Islam. Saum secara bahasa artinya menahan atau mencegah.

 Syarat wajib puasa ada empat yaitu :
  1. Beragama Islam
  2. Berakal sehat
  3. Baligh (sudah cukup umur)
  4. Mampu melaksanakannya.
Syarat sah puasa ada empat yaitu :
  1. Islam (tidak murtad)
  2. Mummayiz (dapat membedakan yang baik dan yang buruk)
  3. Suci dari haid dan nifas (khusus bagi wanita)
  4. Mengetahui waktu diterimanya puasa.
Rukun puasa ada tiga yaitu :
  1. Islam
  2. Niat berpuasa
  3. Meninggalkan segala hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

A.    Puasa Wajib (Puasa Bulan Ramadhan)
Surat Al Baqarah Ayat 183-184, yang membahas tentang ibadah Puasa Ramadhan. Alloh SWT berfirman :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُون
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ
Bulan Ramadhan adalah bulan bulan diturunkannya Al Qur’an. Al Quran adalah petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)” (QS. Al Baqarah: 185)

B.     Puasa Sunnat
1.      Puasa Hari Senin dan Kamis (Yaumul Isnain & Yaumul Khomis) 
Dari Aisyah Radhiyallahu 'Anh, mengatakan : “Bahwasannya Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam memperbanyak puasa pada hari Senin dan Kamis.” (H.R. Al-Tirmidzi, Al-Nasai dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan Al-Albani).
Saat beliau ditanya tentang puasa hari Senin, beliau menjawab :
ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَيَّ فِيهِ
Itu adalah hari aku dilahirkan dan hari aku diutus atau (awal) diturunkan Al-Qur'an kepadaku.” (HR. Muslim)
Saat beliau ditanya tentang puasa hari Senin dan Kamis, beliau menjawab:
ذَانِكَ يَوْمَانِ تُعْرَضُ فِيهِمَا الْأَعْمَالُ عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ
Keduanya adalah hari dihadapkannya amal-amal kepada Rabbul ‘Alamin (Allah). Karenanya aku suka saat amalku dibawa kepada-Nya aku dalam keadaan berpuasa.” 
(H.R. Al-Tirmidzi, Al-Nasai dan dishahihkan Syaikh Al-Albani).
2.      Puasa Bulan Syawal
Barangsiapa yang telah melaksanakan puasa Ramadhan, kemudian dia mengikutkannya dengan berpuasa selama 6 (enam) hari pada bulan Syawal, maka dia (mendapatkan pahala) sebagaimana orang yang berpuasa selama satu tahun.”  (H.R. Ahmad, Abu Dawud, dan Muslim).
3.      Puasa Bulan Muharram (Assyura)
Dari Abu Hurairah ra., dia berkata : Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda :
“Seutama-utama puasa setelah Ramadlan ialah puasa di bulan Muharram, dan seutama-utama shalat sesudah shalat fardhu, ialah shalat malam.” (H.R. Muslim no. 1163)
Dari Abu Qatadah Al Anshari radhiallahu anhu, dia berkata:
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ 
يُكَفِّرُالسَّنَةَ الْمَاضِيَةَ
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari ‘Asyura, beliau menjawab : “Ia akan menghapus dosa-dosa sepanjang tahun yang telah berlalu."
(H.R. Muslim no.1162)
4.      Puasa Nabi Daud. as.
Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata : bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan padanya,
أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، وَكَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ ، وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

Sebaik-baik shalat di sisi Allah adalah shalatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.”
(H.R. Bukhari, Muslim, dan Sahih Muslim).
5.      Puasa bulan Sya’ban
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa, sampai kami katakan bahwa beliau tidak berbuka. Beliau pun berbuka sampai kami katakan bahwa beliau tidak berpuasa. Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa di bulan Sya’ban.” (H.R. Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156)
Dari Usamah bin Zaid, beliau berkata : “Katakanlah wahai Rasulullah, aku tidak pernah melihatmu berpuasa selama sebulan dari bulan-bulannya selain di bulan Sya’ban”. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bulan Sya’ban adalah bulan di mana manusia mulai lalai yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.” (H.R. An Nasa’i. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).
6.      Puasa pada hari-hari putih/Shaum 3 hari setiap bulan
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : “Kekasihku (yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: 1- berpuasa tiga hari setiap bulannya, 2- mengerjakan shalat Dhuha, 3- mengerjakan shalat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari no. 1178)
Dari Ibnu Milhan Al Qoisiy, dari ayahnya, ia berkata,
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَأْمُرُنَا أَنْ نَصُومَ الْبِيضَ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ . وَقَالَ هُنَّ كَهَيْئَةِ الدَّهْرِ
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa memerintahkan pada kami untuk berpuasa pada ayyamul bidh yaitu 13, 14 dan 15 (dari bulan Hijriyah).” Dan beliau bersabda, “Puasa ayyamul bidh itu seperti puasa setahun.” (H.R. Abu Daud no. 2449 dan An Nasa’i no. 2434. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)
7.      Puasa Bulan Dzulhijjah (Arafah)
Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ
Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.
(H.R. Muslim no. 1162).

By : Ganjar Kamaludin Kamil

======================================================================

KEWAJIBAN ANAK KEPADA
KEDUA ORANG TUANYA

A. BERBUAT BAIK KEPADA KEDUA ORANG TUA YANG MASIH HIDUP
1. QS. Al-Ahqaaf : 15
  

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا حَتَّى إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ (١٥
Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhoi, berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”. (QS. Al-Ahqaaf : 15)

2. QS. Al-Israa : 23-24
وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا (٢٣)
وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا (٢٤)
".... maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya (kedua orang tua) perkataan “ah”/“uff”.......dan janganlah kamu membentak keduanya. Dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan. Dan ucapkanlah (berdoalah) : “Wahai Tuhanku, kasihilah (sayangilah) keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil." (QS. Al-Israa : 23-24)
 
3. Abu Darda.ra. : HR. At-Turmudzy
Dari Abu Darda’. ra., berkata : “Saya mendengar Rosululloh SAW bersabda : “Orang tua itu adalah bagaikan pintu surga yang paling tengah. Terserahlah kamu apakah kamu akan menyia-nyiakan pintu itu atau kamu akan menjaganya”. (HR. At-Turmudzy).

4. Abu Hurairah. ra. : HR. Bukhari dan Muslim 
Dari Abu Hurairah. ra., berkata : “Ada seseorang yang datang kepada Rosululloh SAW dan bertanya : “Wahai Rosululloh siapakah orang yang paling berhak saya hormati dengan sebaik-baiknya?” Beliau menjawab : “Ibumu”. ia bertanya : “kemudian siapa?” Beliau menjawab : “Ibumu”. ia bertanya : “kemudian siapa?” Beliau menjawab : “Ibumu”. ia bertanya lagi : “kemudian siapa?” Beliau menjawab : "Ayahmu". (HR.Bukhari dan Muslim).

5. Abu Abdurrahman Abdullah bin Mas’ud. ra. : HR. Bukhari dan Muslim
Dari Abu Abdurrahman Abdullah bin Mas’ud. ra., berkata : “Saya bertanya kepada Nabi SAW : “Apakah amal yang paling disukai oleh Alloh SWT?” Beliau menjawab : “Shalat pada waktunya”. Saya bertanya : “kemudian apa?” Beliau menjawab : “berbuat baik kepada kedua orang tua”. Saya bertanya : “kemudian apa?” Beliau menjawab : “berjuang pada jalan Alloh”. (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Dari Abu Hurairah. ra. : HR. Muslim
Dari Abu Hurairah. ra., sesungguhnya Rosululloh SAW bersabda : “Apabila anak adam meninggal dunia, maka putuslah segala (pahala) amalnya, kecuali tiga perkara :
  • Shodaqoh jariah (wakaf).
  • Ilmu yang dimanfaatkan (bermanfaat).
  • Dan anak yang sholeh yang mendoakan orang tuanya (doa anak yang sholeh).” (HR. Muslim).
7. Abu Abdurrahman Abdullah bin Mas’ud. ra. : HR. Bukhari dan Muslim 
Dari Abu Abdurrahman Abdullah bin Mas’ud. ra., berkata : “Saya bertanya kepada Nabi SAW : “Apakah amal yang paling disukai oleh Alloh SWT?” Beliau menjawab : “Shalat pada waktunya”. Saya bertanya : “kemudian apa?” Beliau menjawab : “berbuat baik kepada kedua orang tua”. Saya bertanya : “kemudian apa?” Beliau menjawab : “berjuang pada jalan Alloh”. (HR. Bukhari dan Muslim).

By : Ganjar Kamaludin Kamil


No comments:

Post a Comment