Monday, October 13, 2014

Makanan Berkualitas "Empat Sehat Lima Sempurna"

EMPAT SEHAT LIMA SEMPURNA

Makanan berkualitas bukanlah dinilai dari harganya yang mahal, tampilan makanannya yang mewah, dan di restoran manakah kita makan.
Empat Sehat Lima Sempurna
Makanan yang berkualitas adalah makanan yang mengandung gizi seimbang (bergizi) dan tentusaja mempunyai kandungan protein, karbohidrat, dan vitamin yang cukup bagi tubuh kita. hal tersebut biasa disebut dengan "EMPAT SEHAT LIMA SEMPURNA".
Sudah lama kita mendengar dan mengenal tentang slogan empat sehat lima sempurna, "EMPAT SEHAT LIMA SEMPURNA" terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan yang terakhir susu.
  • Makanan Pokok (Makanan Pokok terdiri dari jenis makanan yang mengandung karbohidrat, diantaranya yaitu : Nasi, Jagung, Kentang, Sagu, Gandum, dan jenis Umbi-umbian lainnya).
Nasi
Jagung
Jagung (Zea mays ) adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, bulir jagung adalah pangan pokok, sebagaimana bagi sebagian penduduk Afrika dan beberapa daerah di Indonesia. Di masa kini, jagung menjadi komponen penting pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan hasil jagung menjadi bahan baku berbagai produk industri, seperti bioenergi, industri kimia, kosmetika, dan farmasi.
  • Lauk Pauk (Makanan Lauk Pauk terdiri dari jenis makanan yang mengandung protein, diantaranya yaitu : Ikan, Daging, Telur, Tempe, Tahu, dan jenis makanan yang berprotein lainnya).
    Ikan salmon mempunyai segudang manfaat diantaranya salmon mengandung Nutrisi Asam Amino yang berfungsi menjaga kesehatan persendian, memaksimalkan fungsi insulin, mencegah inflamasi dalam saluran pencernaan, mengandung Asam lemak Omega-3 yang berfungsi menunjang kesehatan fungsi otak dan mencegah penuaan mata. Penyakit Alzheimer pun bisa dicegah dengan makan ikan salmon. Salmon juga mempunyai tingkat protein yang tinggi, mengandung zat besi, kalsium, selenium, vitamin A, B, dan D. Semua nutrisi itu berperan dalam pembentukan jaringan, rambut, enzim, hormon, dan kuku.
    Dengan mengkonsumsi ikan salmon dapat mencegah/mengobati penyakit kardiovaskular, radang sendi, dan diabetes. Ikan salmon juga ampuh mencegah penggumpalan darah dalam tubuh
    Ikan Salmon
    Selain ikan salmon, lauk pauk yang tak kalah penting dan berprotein lainnya adalah daging ayam. Daging ayam didapatkan dari ayam ternak yaitu unggas yang paling banyak diternak di dunia. Daging ayam selalu dihidangkan sebagai makanan dalam berbagai cara.

    Daging Ayam
    Manfaat makan daging ayam bagi kesehatan jelas sangat tinggi, karena daging ayam mengandung protein tinggi, serta vitamin dan mineral.
    Hasil penelitian yang dilakukan oleh USDA menyatakan bahwa 100 g daging ayam mengandung air (65 g), energi (215 kkal), protein (18 g), lemak (15 g), lemak jenuh (4 g), kolesterol (75 mg), kalsium (11 mg), besi (0,9 mg), magnesium (20 mg), fosfor (147 mg), kalium (189 mg), natrium (70 mg), dan seng (1,3 mg).
    Di antara vitamin dalam daging ayam antara lain vitamin C, vitamin B1 (hiamin), riboflavin, niacin, vitamin B-6 (pyridoxamine), folat, vitamin B-12, vitamin A, vitamin E (tocopherol), vitamin D dan vit  K.
  • Sayur Mayur (Sayur Mayur merupakan jenis makanan yang banyak mengandung vitamin, nutrisi, zat besi, kalium, kalsium, dan sebagian jens sayur mengandung zat antioksidan yang baik bagi tubuh manusia).
Sayur Mayur
Masakan Sayur Mayur
Sayur Brokoli
  • Buah-Buahan (Buah-buahan merupakan jenis makanan yang terkenal mempunyai banyak manfaat bagi tubuh manusia, disamping kaya akan vitamin dan serat, buah-buahan juga mengandung zat positif seperti zat besi, zat asam positif, fosfor).
Buah-Buahan
Buah-Buahan
  • Susu (susu memiliki banyak fungsi dan manfaat. Susu membantu pertumbuhan bagi manusia dari mulai usia dini sampai usia dewasa (usia pertumbuhan). Sementara itu, untuk orang lanjut usia, susu membantu menopang tulang agar tidak keropos. Susu secara alami mengandung nutrisi penting, seperti bermacam-macam vitamin, protein, kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc, pendapat lain menambahkan bahwa susu mengandung mineral dan lemak).
Minuman : Susu (Milk)

Information : Wikipedia Ensiklopedia & Diolah Dari Berbagai Sumber
By : Ganjar Kamaludin Kamil

2 comments: