Monday, September 8, 2014

PARASIT PALING MEMATIKAN DI DUNIA


“PARASIT PALING MEMATIKAN DI DUNIA”

Di dunia ini terdapat mahkluk-makhluk yang menakjubkan. Atas kekuasaan Alloh SWT sang Maha Pencipta, Ia menciptakan dunia ini lengkap beserta isinya, baik itu ciptaan-Nya dari mahkluk terkecil hingga terbesar, yang mempunyai dampak baik ataupun buruk, yang jelas Alloh SWT menciptakan segala sesuatu itu pasti ada manfaatnya, seperti dalam Firman-Nya dalam Al-Qur’an Surat An-Nahl Ayat 8 :

Dan (Dia telah menciptakan) kuda, bagal dan keledai, agar kamu menungganginya dan (menjadikannya) perhiasan. Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya.(QS.An-Nahl : 8)

Alloh SWT telah menciptakan makhluk yang dapat hidup dalam organ dalam makhluk lainnya, salah satunya makhluk hidup yang bernama PARASIT.

Dalam pembahasan sains kali ini penulis akan mengangkat tentang parasit yang mematikan yang pernah hidup di dunia ini, diantaranya yaitu :
1.       Cordyceps

Nama lengkap Ophiocordyceps unliateralis adalah salah satu jenis jamur yang biasa disebut jamur semut. Akan tetapi jamur parasit ini dapat tumbuh di tubuh serangga lainnya. Parasite ini dapat mengendalikan serangga sehingga serangga berprilaku aneh dan perlahan mati.

2.       Cymothoa Exigua



Cymothoa exigua adalah crustacea parasit yang termasuk dalam famili Cymothoidae. Parasit ini memasuki ikan melalui insang, dan kemudian menempel di lidah ikan. Parasit betina menempel di lidah, sementara parasit jantan menempel di lengkungan insang di bawah dan di belakang parasit betina. Cymothoa exigua betina memiliki panjang sekitar 8–29 milimeter.
Parasit ini menghisap darah melalui cakarnya di depan, sehingga lidah ikan mengalami atrofi akibat kekurangan darah. Cymothoa exigua kemudian menggantikan lidah ikan dengan menempelkan tubuhnya sendiri ke otot potongan lidah. Ikan yang menjadi inang kemudian mampu menggunakan parasit tersebut seperti lidah biasa.

3.       Dermatobia Hominis



Semua spesiesnya hidup secara parasit di tubuh mamalia, parasite ini berasal dari lalat dan tawon. Dermatobia hominis adalah yang paling sering bersarang dan menghabiskan hidupnya sebagai larva di tubuh manusia khususnya di bagian kepala manusia. Untungnya spesies ini hanya terdapat di Mexico dan Amerika Tengah

4.       Loa-Loa


Loa Loa ini biasa disebut cacing mata Afrika.Loa-loa juga dikenal sebagai worm eyes atau cacing mata, adalah parasit yang hidup didalam tubuh manusia dan mamalia khususnya dibagian mata. Penyebarannya melalui lalat jenis tertentu, setelah lalat menggigit korban, maka parasit ini mulai bereaksi dalam jaringan tubuh korbannya.

5.       Vandellia Cirrhosa


Candirú atau canero (Vandellia cirrhosa) adalah sejenis ikan air tawar yang sekelompok dengan ikan lele. Jenis ini ditemukan di Sungai Amazon dan memiliki reputasi di antara penduduk lokal sebagai ikan paling ditakuti, bahkan lebih dari piranha. Spesies ini berukuran hanya sekitar satu inci panjangnya, berbentuk seperti belut dan tembus pandang sehingga sulit dilihat di air. Candiru adalah sejenis parasit. Ia masuk ke celah-celah insang ikan lain, mengeluarkan tulang belakangnya agar dapat berpegang di tempat, dan meminum darah di insang, sehingga dijuluki "ikan vampir dari Brazil".
Candiru dapat menjadi parasit di tubuh manusia dengan cara masuk kedalam saluran air kencing pria ketika mengeluarkan urine di habitat ikan candiru ini.

Itulah pembahasan tentang parasit yang paling mematikan. Mereka dapat hidup dalam organ makhluk hidup lain dan dapat mematikan makhluk yang ditempatinya. Maha Besar Alloh yang menciptakan semua jenis hewan dari air (QS.An-Nur : 45)
Info : Diolah dari berbagai sumber
By Ganjar Kamaludin Kamil

No comments:

Post a Comment